Berbagi itu menyenangkan

Sunday, April 1, 2012

Cara Membuat sendiri charger Ponsel sendiri pada motor atau mobil

Berikut ini cara membuat charger/cesan HP tapi bersumber listrik dari ACCU,mungkin bisa dari motor atau mobil. Apa salahnya sedia payung sebelum hujan, barangkali ketika perjalalan jauh ga ada listrik, mau numpang malu,ribet, makan waktu. Atau yang di rumah saat mati lampu hape mati lowbat, pacar ngambek ga tau keadaan :hammer bisa juga dipake, tinggal colok aja di mobil/motor..Dari pada beli di counter pasti diatas 30 itu juga golongan KW, tegangan belum tentu stabil juga keawetannya masih diragukan, nah kalo pake ini ga nyampe 10 rebu udah dapet cesan, KEREaktif bukan.... :D

Langsung aja, bahan-bahannya:
1. Punya Motor/mobil minimal punya ACCu 12v, (kalo ga punya mau dicolokin dimana? hidung ga ada listriknya mba mas)

2. Kabel apa aja yang penting bisa arus kuat,

3. Komponen, bisa beli di toko elektrik bukan APOTIK,
   IC 7805    sekitar 2000an
   Elco C 2200uF/16V     sekitar 1000an
   Elco C 220uF/10V        paling 500an

4. Kabel Output Sesuai tipe hapenya, bisa ngambil dari cesan rusak.

5. 2 sejoli Solder dan tinol

Kalo udah complit tinggal rakit sesuai skema dibawah ini. Input dihubungkan dengan accu motor/mobil sekitar 12v-24V (jangan sampe + dan - ketuker, harus sesuai), dan output disambungkan ke ponsel.

Skema rangkaian:





Selamat ber experimen, goodluck.

*segala kerusakan dan kegagalan bukan tanggung jawab publisher,nikmatin sendiri ajah :D

11 comments:

  1. mas ne q sama sekali g paham masalah listrik tp q mau tau,,,jd bgni mas bro,, kan q ne supir tronton,, d dalam mobil q itu ada kipas anginx yg berarus DC. Nah setelah q cek tegangan yg mengalir ke kipas tsb adlh 24 volt,, jd mksd aq dari pada aq bongkar bongkar lagi itu mobil mendinganan aq pararelkan kE Kbel kipas itu,, tp gmn solusix jika tegangan yg keluar 24 volt?

    ReplyDelete
  2. pake 2 ic aja bro, 7812+7805.
    Ini buat ngatasi biar ic nya gak panas2 amat.

    ReplyDelete
  3. iya pake 2 IC udah aku fix skemanya, pake 1 IC cepet banget panas apa lagi kalo rpm mesin tinggi...

    ReplyDelete
  4. good posting tapi ane mo tanya arus Outputnya berapa mA

    ReplyDelete
  5. max 1,5A tergantung kuat arus inputnya..

    ReplyDelete
  6. Mas itu IC nya 2 apa 1 ?
    Kalo buat dimotor gimana ?
    1 apa pake 2 ?

    ReplyDelete
  7. mantap postingny ijin praktek mas .n mau nanya klo dmobil harus pake berapa ic

    ReplyDelete
  8. mau tanya,,,itu ic nya cpet panas gx kalo dipke ngecas hp,,,trus hrus dpsang pndingin gx ?

    ReplyDelete
  9. trz untuk aki sendiri,nanti'y bakal boros ngga ya?!...
    mohon pencerahan bro...

    thx

    ReplyDelete
  10. Aku dh praktek, pake ic 7812,7805 elco2200uf 32v, elco220uf 16v tapi ga work, kira2 apa yang salah dan apa yang kurang, mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete

© 2014 Berbagi Ilmu dan Meramu, AllRightsReserved.

Designed by uLunK